Yais, Yusriyah and Mega, Achdisty Noordyana (2021) Kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi penyajian data di Desa Bungbulang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 4. pp. 47-60. ISSN 2798-2904
Jurnal_Yais Yusriyah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (577kB) | Preview
Abstract
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi penyajian data. Penelitian dilakukan di Kampung Citalahab Kaler, Desa Bungbulang-Garut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif, yang melibatkan 3 siswa sebagai sampel, menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen tes kemampuan representasi matematis siswa sebanyak 5 soal berbentuk uraian. Hasil penelitian yaitu (1) Kemampuan representasi matematis pada indikator representasi gambar (pictorial representation) adalah hampir semua siswa dari ke tiga sampel sudah mampu menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan representasi visual. (2) Kemampuan representasi matematis pada indikator representasi simbol (symbolic representation) adalah hampir semua siswa dari ketiga sampel belum mampu dalam menyelesaikan masalah menggunakan representasi simbol. (3) Kemampuan representasi matematis pada indikator representasi verbal (verbal representation) adalah sebagian siswa sudah mampu menggunakan representasi verbal namun beberapa diantaranya masih belum bisa menyampaikan ide matematisnya dengan bahasa sendiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis deskriptif, Kemampuan representasi matematis, Penyajian data |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 04 May 2023 12:06 |
Last Modified: | 04 May 2023 12:06 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16038 |