Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa antara guided inquiry dan problem posing

Euis, Nurozakiyah Fadilah Rizky and Teni, Sritresna (2021) Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa antara guided inquiry dan problem posing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 3. pp. 37-46. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Euis Nurozakiyah Fadilah Rizky_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Euis Nurozakiyah Fadilah Rizky_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis antara yang mendapatkan model pembelajaran Guided Inquiry dan model pembelajaran Problem Posing. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket skala likert, dan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di salah satu SMA Negeri di Garut. Sampelnya adalah kelas X MIPA 6 model pembelajaran Guided Inquiry dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas model pembelajaran Problem Posing. Pengambilan sampel secara purposif dipilih dalam menentukan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis matematis siswa antara yang memperoleh model pembelajaran Guided Inquiry dan Problem Posing. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh model pembelajaran Guided Inquiry dan Problem Posing diartikan mengalami peningkatan yang tinggi, sedangkan disposisi berpikir kritis keduanya mengalami peningkatan yang rendah. Tidak ada hubungan antara peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui disposisi berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Guided Inquiry dan Problem Posing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Critical thinking skills, Mathematical dispositions, Guided inquiry learning, Problem Posing learning model.
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 May 2023 12:05
Last Modified: 04 May 2023 12:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16036

Actions (login required)

View Item
View Item