Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan self confidence siswa SMP

Asdar, Asdar and Fajar, Arwadi and Rismayanti, Rismayanti (2021) Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan self confidence siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 1. pp. 1-16. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Asdar, Fajar, & Rismayanti_Universitas Negeri Makassar_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Asdar, Fajar, & Rismayanti_Universitas Negeri Makassar_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 4 Takalar. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Kelas yang akan dipelajari adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen berupa angket pretes dan kepercayaan diri untuk memperoleh data awal hasil belajar matematika siswa dan tes kepercayaan diri, kemudian instrumen berupa posttest, dan angket kepercayaan diri untuk memperolehnya. data akhir hasil belajar matematika siswa dan rasa percaya diri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 25 yang terdiri dari analisis statistik deskriptif dan inferensial, analisis gain, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan PMR, Hasil belajar matematika, Self confidence, Pendekatan konvensional
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 May 2023 12:02
Last Modified: 04 May 2023 12:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16034

Actions (login required)

View Item
View Item