Asdar, Asdar and Fajar, Arwadi and Rismayanti, Rismayanti (2021) Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan self confidence siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 1. pp. 1-16. ISSN 2798-2904
Jurnal_Asdar, Fajar, & Rismayanti_Universitas Negeri Makassar_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 4 Takalar. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Kelas yang akan dipelajari adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen berupa angket pretes dan kepercayaan diri untuk memperoleh data awal hasil belajar matematika siswa dan tes kepercayaan diri, kemudian instrumen berupa posttest, dan angket kepercayaan diri untuk memperolehnya. data akhir hasil belajar matematika siswa dan rasa percaya diri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 25 yang terdiri dari analisis statistik deskriptif dan inferensial, analisis gain, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika dan kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan PMR, Hasil belajar matematika, Self confidence, Pendekatan konvensional |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 04 May 2023 12:02 |
Last Modified: | 04 May 2023 12:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16034 |