Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa

Atih, Atiyah and Reni, Nuraeni (2022) Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathedu, 1 (1): 10. pp. 103-112. ISSN 2962-3952

[thumbnail of Jurnal_Atih Atiyah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022-10.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Atih Atiyah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (260kB) | Preview

Abstract

Berpikir kreatif dalam matematika merupakan kombinasi berpikir logis dan berpikir divergen yang didasarkan intuisi tetapi dalam kesadaran memperhatikan fleksibilitas, kefasihan dan kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VIII di Kp Kewong Desa Sukamulya Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut dengan materi Lingkaran. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa soal tes tertulis, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian yang sudah dilakukan, siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi mampu menunjukkan indikator flexibility dan originality, siswa dengan kemampuan berpikir kreatif sedang mampu memperoleh indikator yaitu flexibility sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kreatif rendah tidak mampu menunjukkan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kemandirian belajar siswa mempengaruhi tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dan tingkat kemandirian siswa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif matematis, Kemandirian belajar, Self-confidence
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 May 2023 10:06
Last Modified: 04 May 2023 10:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16029

Actions (login required)

View Item
View Item