Brigida, Intan Printina and Yoel, Kurniawan Raharjo (2022) Problematika pembelajaran daring mata kuliah pengantar sosiologi-antropologi dalam menumbuhkan humanisme. Jurnal Artefak, 9 (1). pp. 29-38. ISSN 2355-5726
Jurnal_Brigida Intan Printina_Universitas Sanata Dharma Yogyakarta_2022.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pengantar Sosiologi dan Antropologi memiliki capaian pembelajaran mengembangkan manusia-manusia humanis yang peka dengan persoalan sosial-budaya. Masyarakat sebagai sebuah kajian dijadikan sebagai social laboratory untuk diamati dengan terjun melihat ke lapangan. Namun pandemi Covid-19 memaksa model pembelajaran berubah menjadi daring untuk menimalisir paparan pergerakan virus. Hal ini menjadi sebuah problematika sekaligus tantangan bagi pembelajaran Sosiologi-Antropologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring Pengantar Sosiologi-Antropologi;
2) Idealisasi pembelajaran Pengantar Sosiologi-Antropologi untuk menumbuhkan nilai-nilai humanisme; dan 3) Solusi atas problematika pembelajaran daring sebagai sebuah tantangan. Metode yang digunakan riset kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam (depth interview) dan studi literatur. Adapun manfaat dari penelitian ini ialah menemukan solusi idealisasi pembelajaran daring dalam mata kuliah Pengantar Sosiologi-Antropologi untuk menumbuhkan humanisme ditengah dunia yang semakin tidak menentu akibat pandemi Covid-19.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Covid-19, Sosiologi-Antropologi, Humanisme |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 04 May 2023 10:06 |
Last Modified: | 04 May 2023 10:06 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16027 |