Anugrah, Agung Nurbayan and Basuki, Basuki (2022) Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy pada materi aritmatika sosial. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathedu, 1 (1): 9. pp. 93-102. ISSN 2962-3952
Jurnal_Anugrah Agung Nurbayan_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (253kB) | Preview
Abstract
Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan dasar untuk membangun konsep dan berpikir matematis yang digunakan dalam menyelesaikan suatu masalah. Self-efficacy merupakan keyakinan diri dalam menyelesaikan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya terdiri dari 3 siswa SMP kelas VII di Kampung Pamoyanan, Desa Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Subjek dengan kategori self-efficacy tinggi dapat menyelesaikan soal sesuai dengan konsep dan prosedur, memahami hubungan antar aritmatika sosial, menyelesaikan masalah sehari–hari, serta dapat menganalis dan membandingkan gambar; (2) Subjek dengan kategori self-efficacy sedang dapat menyelesaikan soal sesuai dengan konsep dan prosedur dan memahami hubungan antar aritmatika sosial; (3) Subjek dengan kategori self-efficacy rendah tidak ada satu pun indikator yang dapat diselesaikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan representasi matematis, Self-efficacy, Aritmatika sosial |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 04 May 2023 10:03 |
Last Modified: | 04 May 2023 10:03 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16026 |