Kendala orang tua dalam mendampingi siswa ditinjau dari hasil belajar matematika secara online

Riri, Puspita Dewi Permatasari and Ekasatya, Aldila Afriansyah (2022) Kendala orang tua dalam mendampingi siswa ditinjau dari hasil belajar matematika secara online. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathedu, 1 (1): 3. pp. 27-36. ISSN 2962-3952

[thumbnail of Jurnal_Riri Puspita Dewi Permatasari_SMP PGRI Pameungpeuk Kab. Bandung_2022-3.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Riri Puspita Dewi Permatasari_SMP PGRI Pameungpeuk Kab. Bandung_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (282kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran online masih termasuk dalam kategori kurang. Pada kondisi saat ini orang tua memiliki banyak kendala dalam mendampingi siswa dalam pembelajaran matematika secara online. Kendala-kendala yang dialami orang tua dalam mendampingi siswa belajar di rumah salah satunya meliputi kurangnya pemahaman materi oleh orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kendala orang tua dalam mendampingi siswa ditinjau dari hasil belajar matematika secara online. Penelitian ini dilakukan di Desa Paas Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 5 siswa SMP kelas VII, 5 orang tua siswa SMP kelas VII, dan 1 guru matematika SMP kelas VII, pemilihan subjek diambil berdasarkan tingkat pendidikan orang tua dan pekerjaan orang tua. Teknik pengumpulan data digunakan secara triangulasi (wawancara, angket terbuka, dan dokumentasi). Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin banyak kendala orang tua dalam mendampingi siswa belajar matematika secara online, maka semakin kecil nilai hasil belajar matematika siswa secara online. Kendala orang tua dalam mendampingi siswa yang paling banyak ditemui pada indikator latar belakang pendidikan orang tua dengan rata-rata 46% dan kendala orang tua dalam mendampingi siswa yang paling sedikit ditemui pada indikator jumlah anggota keluarga dengan rata-rata 30%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kendala orang tua, Pembelajaran matematika secara online
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 May 2023 09:47
Last Modified: 04 May 2023 09:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16017

Actions (login required)

View Item
View Item