Implementasi sosial media marketing dalam mendukung kegiatan pemasaran pavin block berbahan baku sampah plastik Kelompok “Lestari Bumi” Purbalingga

Muhammad, Hery Santoso and Evi, Martiani and Mutiasari, Mutiasari and Herni, Utami Rahmawati and Nurul, Hasanah (2022) Implementasi sosial media marketing dalam mendukung kegiatan pemasaran pavin block berbahan baku sampah plastik Kelompok “Lestari Bumi” Purbalingga. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (3): 24. 786 -796. ISSN 2599-0764

[thumbnail of Jurnal_Muhammad Hery Santoso_STMIK Widya Utama Purwokerto_2022-24.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Muhammad Hery Santoso_STMIK Widya Utama Purwokerto_2022-24.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (452kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini menjalin kerjasama dengan mitra yaitu Kelompok Lestari Bumi suatu usaha produksi pavin block berbahan baku sampah plastik, dirintis oleh sekelompok warga desa Jetis kecamatan Kemangkon kabupaten Purbalingga yang mempunyai kesadaran akan semakin bertambahnya sampah plastik di daerahnya yang mengganggu lingkungan. Untuk itu mereka berupaya mengolahnya menjadi suatu produk yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis berupa pavin block. Kendala yang dihadapi kelompok Lestari Bumi adalah pada bidang pemasaran yang masih menggunakan metode tradisional yaitu dari mulut ke mulut mengakibatkan produk kurang dikenal masyarakat. Padahal dengan keunikan, kualitas produk dan harga ekonomis yang ditawarkannya dapat mendatangkan keuntungan apalagi bahan bakunya dari sampah plastik.Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat menggunakan beberapa metode yaitu (1) Identifikasi kendala pemasaran mitra, (2) merumuskan solusi masalah mitra (3) melakukan pelatihan dan pendampingan terhadap mitra. Solusi yang dirumuskan adalah menerapkan pemasaran digital melalui jejaring sosial media Facebook. Hasil yang diharapkan (1) promosi produk dengan jangkauan yang lebih luas secara online melalui jejaring sosial media Facebook, (2) efisiensi biaya pemasaran, (3) meningkatnya kinerja penjualan dalam jangka panjang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Facebook, Digital marketing, Sosial media, Sampah plastik
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development
Social and Political Sciences > Social Concerns
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 May 2023 08:47
Last Modified: 04 May 2023 08:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15992

Actions (login required)

View Item
View Item