Program mathematics ethnic learning untuk meningkatan minat belajar matematika siswa SDN 1 Kauman

Sigit, Wibowo and Sandra, Prilia Anggraini and Sunaryo, Sunaryo and Wecya, Sugevin and Rima, Cahya Nirwana and Yuniawatika, Yuniawatika (2022) Program mathematics ethnic learning untuk meningkatan minat belajar matematika siswa SDN 1 Kauman. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (2): 27. pp. 520-530. ISSN 2599-0764

[thumbnail of Jurnal_Sigit Wibowo_Universitas Negeri Malang_2022-27.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sigit Wibowo_Universitas Negeri Malang_2022-27.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas 4, 5, dan 6 SDN 1 Kauman dengan mengaitkan permainan tradisional dengan pembelajaran matematika. Subjek dalam pengabdian ini adalah siswa kelas 4, 5 dan 6 di SDN 1 Kauman tahun ajaran 2021/2022. Pengabdian ini bersifat kolaboratif antara tim pengabdian, guru kelas, dan kepala sekolah. Dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan metode SP4E yang meliputi: (1) Sosialisasi dan koordinasi, (2) Persiapan bahan, (3) Pelatihan dan Eksplorasi, (4) Pengarahan dan Bimbingan, (5) Pengaplikasian, (6) Evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil pretest dan postest yang telah dilakukan menunjukkan terjadi kenaikan nilai matematika pada siswa kelas 4, 5 dan 6 yang semula hanya 8% siswa yang mendapat nilai matematika diatas KKM namun setelah dilakukan pembelajaran menggunakan permainan tradisional prosentase siswa yang mendapat nilai matematika diatas KKM menjadi meningkat yaitu sebesar 71% siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak sekolah dasar, Matematika, Permainan tradisional
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Apr 2023 07:10
Last Modified: 28 Apr 2023 07:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15842

Actions (login required)

View Item
View Item