Isna, Firdausi and Suparni, Suparni (2022) Game edukasi android deck card untuk memfasilitas pemahaman konsep siswa materi pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 10. pp. 447-458. ISSN 2086-4280
Jurnal_Isna Firdausi_UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (924kB) | Preview
Abstract
Konsep pecahan merupakan salah satu konsep dasar yang perlu dipahami agar kemampuan mempelajari materi yang lain tidak terhambat. Namun kemungkinan terjadinya miskonsepsi pada siswa ketika belajar pecahan sangat mungkin terjadi. Diperlukan upaya untuk meminimalisir peluang miskonsepsi tersebut. Game edukasi adalah salah satu media belajar yang dapat memberikan pengaruh bagi siswa untuk memahami konsep yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi game edukasi android Deck Card yang valid untuk membantu siswa SMP/MTs memahami konsep pecahan dengan model pengembangan PPE (Planning, Production, and Evaluation). Instrumen penelitian meliputi lembar penilaian produk untuk ahli materi dan ahli media yang dipeer-review terlebih dahulu oleh expert judgment. Berdasarkan hasil uji kevalidan produk oleh ahli materi diperoleh kriteria sangat baik dengan persentase 83,82%, sedangkan dari ahli media diperoleh kriteria baik dengan persentase 74,56%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa game edukasi yang dikembangkan valid dan layak diujicobakan pada siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game edukasi, Pecahan, Pemahaman konsep |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 06:52 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 06:52 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15724 |