Inda, Hudiria and Saleh, Haji and Zamzaili, Zamzaili (2022) Mathematical disposition dan self-concept terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 9. pp. 435-446. ISSN 2086-4280
Jurnal_Inda Hudiria_Universitas Bengkulu_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (632kB) | Preview
Abstract
Kemampuan penalaran matematis di masa pandemi Covid-19 masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh mathematical disposition dan self-concept terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex-post facto. Sampel penelitian berjumlah 83 mahasiswa S1 Pendidikan Matematika di Kota Bengkulu. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket mathematical disposition, angket self-concept dan tes kemampuan penalaran matematis. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung dari mathematical disposition terhadap kemampuan penalaran matematis. self-concept terhadap kemampuan penalaran matematis, dan mathematical disposition terhadap self-concept. Selain itu, terdapat juga pengaruh mathematical disposition dan self-concept secara bersama-sama terhadap kemampuan penalaran matematis. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh mathematical disposition dan self-concept terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa S1 Pendidikan Matematika di Kota Bengkulu pada masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan penalaran matematis, Mathematical disposition, Pandemi Covid-19, Pembelajaran daring, Self-concept |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 06:50 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 06:50 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15722 |