Pengembangan LKPD daring pendekatan guided discovery berbasis HOTS materi persamaan dan fungsi kuadrat

Arik, Murwanto and Abd., Qohar and Cholis, Sa'dijah (2022) Pengembangan LKPD daring pendekatan guided discovery berbasis HOTS materi persamaan dan fungsi kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 5. pp. 391-402. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Arik Murwanto_Universitas Negeri Malang_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Arik Murwanto_Universitas Negeri Malang_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (743kB) | Preview

Abstract

HOTS menjadi salah satu reformasi dan prioritas penerapan pembelajaran di Indonesia. Hasil wawancara bersama teman sejawat didapatkan informasi bahwa peserta didik sulit memahami materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat. Kesulitan ini terjadi karena peserta didik sering menghafal rumus dalam menemukan akar-akar atau menyelesaikan persamaan kuadrat. LKPD yang digunakan saat ini rata-rata berisi materi, contoh soal, latihan, dan jarang mengajak peserta didik menemukan konsep. Peneliti memandang perlu dikembangkan LKPD berciri penemuan terbimbing secara daring materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Berpedoman pada model pengembangan Plomp, dengan menguji validitas, praktis dan efektivitas LKPD dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kepraktisan dari observer adalah 3.0, artinya LKPD yang digunakan praktis dengan tingkat kepraktisan tinggi. Rerata respon peserta didik melalui angket sebesar 3.67 menunjukkan sikap yang positif, dan rerata penguasaan bahan ajar 79.56 dengan tingkat ketuntasan 78% menunjukkan bahwa LKPD Guide Discovery berbasis HOTS efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guided discovery, HOTS, Pembelajaran daring
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Apr 2023 06:37
Last Modified: 26 Apr 2023 06:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15716

Actions (login required)

View Item
View Item