Refni, Adesia Pradiarti and Subanji, Subanji (2022) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 4. pp. 379-390. ISSN 2086-4280
Jurnal_Refni Adesia Pradiarti_Universitas Negeri Malang_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (760kB) | Preview
Abstract
Siswa dituntut dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah dalam setiap pembelajaran matematika. Namun ketika observasi awal, banyak ditemukan siswa kurang mampu memecahkan soal matematis dengan tepat dan sedikit siswa yang dapat menjawab persoalan matematis berdasarkan prosedur Polya terutama di Sumenep. Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman peserta didik dalam mencari solusi dari permasalahan matematis yang terdapat pada materi Himpunan berdasarkan gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa data yang diambil dari peserta didik kelas 7A dan 7B di MTs Negeri 1 Sumenep menggunakan tes GEFT berdasarkan indikator pemecahan masalah Polya yang mengacu pada indikator NCTM. Dalam melakukan analisis lebih lanjut, dipilih 4 orang sebagai subjek untuk dilakukan wawancara secara mendalam dan dilakukan analisis pemecahan masalah. Dalam penelitian ini didapatkan peserta didik jenis FD kurang baik dalam memecahkan masalah matematis, sedangkan pada peserta didik jenis FI sangat baik dalam memecahkan masalah matematis dikarenakan mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya kognitif, Prosedur polya, Pemecahan masalah matematis |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 06:34 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 06:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15715 |