Etnomatematika: filosofi dan konsep matematis kalender Sunda

Mega Nur Prabawati and Siska Ryane Muslim (2022) Etnomatematika: filosofi dan konsep matematis kalender Sunda. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 3. pp. 369-378. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Mega Nur Prabawati_Universitas Siliwangi Tasikmalaya_20022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Mega Nur Prabawati_Universitas Siliwangi Tasikmalaya_20022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (548kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk membuktikan adanya keterkaitan antara budaya dengan matematika, dan untuk merubah paradigma masyarakat yang menganggap bahwa matematika tidak ada kaitannya dengan budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui filosofi dari kalender sunda dan konsep-konsep matematika yang terdapat pada kalender Sunda yang ditinjau dari perhitungan penyusunannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan di kediaman pakar kalender sunda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Kalender Sunda terdapat nama dan istilah yang kaya akan filosofi dan makna, serta adanya keterkaitan antara matematika dengan budaya yang dapat ditunjukkan dengan adanya konsep matematis pada sistem kalender Sunda seperti kaidah pencacahan dalam pancawuku atau selapan, konsep pembagian pada penentuan tunggul taun, dan konsep modulo pada penentuan indung poe, dewa taun, naktu taun, naktu bulan, naktu tanggal, dan menentukan suatu tanggal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Kalender Sunda, Konsep matematika
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Apr 2023 04:57
Last Modified: 27 Apr 2023 14:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15713

Actions (login required)

View Item
View Item