Peran RME terhadap miskonsepsi siswa MTs pada materi bangun datar segi empat

Ekasatya Aldila Afriansyah (2022) Peran RME terhadap miskonsepsi siswa MTs pada materi bangun datar segi empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 2. pp. 359-368. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Ekasatya Aldila Afriansyah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ekasatya Aldila Afriansyah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (520kB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa untuk memahami konsep lain tidak akan terhambat dengan pemahaman yang kuat terhadap satu konsep tertentu, terutama dalam matematika. Dalam hal ini, pemahaman yang buruk tentang materi tertentu akan menghasilkan miskonsepsi. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini dan membuat pembelajaran di kelas lebih berdampak, pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dipilih. Berkaitan dengan miskonsepsi siswa pada materi pokok segi empat, penelitian ini berupaya mengevaluasi keefektifan pendekatan RME. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Diikuti 31 siswa kelas VII yang terdaftar di MTs Negeri 2 Garut tahun ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan datanya adalah ujian tertulis dengan uraian dan pilihan (benar-salah). Tiga tahapan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Temuan menunjukkan bahwa dalam miskonsepsi siswa MTs tentang mata pelajaran segi empat, teknik RME dianggap sangat efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Realistic mathematics education, RME, Siswa MTs
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Apr 2023 04:55
Last Modified: 27 Apr 2023 14:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15712

Actions (login required)

View Item
View Item