Ekasatya Aldila Afriansyah (2022) Peran RME terhadap miskonsepsi siswa MTs pada materi bangun datar segi empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 2. pp. 359-368. ISSN 2086-4280
Jurnal_Ekasatya Aldila Afriansyah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (520kB) | Preview
Abstract
Kemampuan siswa untuk memahami konsep lain tidak akan terhambat dengan pemahaman yang kuat terhadap satu konsep tertentu, terutama dalam matematika. Dalam hal ini, pemahaman yang buruk tentang materi tertentu akan menghasilkan miskonsepsi. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini dan membuat pembelajaran di kelas lebih berdampak, pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dipilih. Berkaitan dengan miskonsepsi siswa pada materi pokok segi empat, penelitian ini berupaya mengevaluasi keefektifan pendekatan RME. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Diikuti 31 siswa kelas VII yang terdaftar di MTs Negeri 2 Garut tahun ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan datanya adalah ujian tertulis dengan uraian dan pilihan (benar-salah). Tiga tahapan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Temuan menunjukkan bahwa dalam miskonsepsi siswa MTs tentang mata pelajaran segi empat, teknik RME dianggap sangat efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Realistic mathematics education, RME, Siswa MTs |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 04:55 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 14:03 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15712 |