Tedy Machmud and Rinaldi A Pusi and Khardiyawan A Y Pauweni (2022) Deskripsi disposisi matematis mahasiswa pada mata kuliah kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 1. pp. 349-358. ISSN 2086-4280
Jurnal_Tedy Machmud_Universitas Negeri Gorontalo_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (578kB) | Preview
Abstract
Disposisi matematis adalah salah satu aspek afektif yang perlu diperhatikan dalam proses perkuliahan, sebab disposisi matematis juga dapat menunjang keberhasilan belajar dalam mengikuti perkuliahan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan disposisi matematis mahasiswa Pendidikan Matematika pada mata kuliah Kalkulus 1 di Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian melibatkan mahasiswa pendidikan matematika yang berjumlah 47 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, yang didampingi dengan observasi partisipatif. Disposisi matematis dilihat dari 6 indikator yaitu: (1) Percaya diri; (2) Kegigihan dan Ketekunan; (3) Fleksibel; (4) Minat dan Keingintahuan; (5) Refleksi; (6) Apresiasi. Data dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata disposisi matematis mahasiswa sebesar 69,57% yakni dengan kategori sedang. Persentase jumlah mahasiswa program studi pendidikan matematika dengan tingkat disposisi matematis yang tinggi, sedang dan rendah berturut-turut adalah 14,89%, 68,09% dan 17,02%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disposisi matematis, Kalkulus 1, Mahasiswa |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 04:54 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 13:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15711 |