Noor Azif Amalia and Avitri Wanabuliandari and Ratri Rahayu (2022) Pengembangan ethno–virtual card berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan rasa ingin tahu. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2): 13. pp. 217-326. ISSN 2086-4280
Jurnal_Noor Azif Amalia_Universitas Muria Kudus_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (757kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin menghasilkan media pembelajaran ethno-virtual card berbasis pemecahan masalah dan rasa ingin tahu yang mencapai kriteria valid, dan praktis. Metode penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yakni: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Namun, pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation. Subjek pada penelitian ini adalah 9 siswa Kelas VII G SMP N 1 Jekulo. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan angket. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara studi pendahuluan, lembar wawancara analisis kebutuhan, lembar wawancara uji skala terbatas, lembar angket studi pendahuluan, lembar angket analisis kebutuhan, lembar validitas, dan lembar kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi ethno-virtual card berbasis pemecahan masalah dan rasa ingin tahu memiliki kriteria valid. Tingkat kepraktisan ethno-virtual card berbasis pemecahan masalah dan rasa ingin tahu memiliki kriteria praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ethno-virtual card berbasis pemecahan masalah dan rasa ingin tahu yang dikembangkan dapat digunakan karena memenuhi kriteria kevalidan, yakni valid dan memenuhi kriteria kepraktisan, yakni praktis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ethnomathematics-virtual card, Pemecahan masalah, Rasa ingin tahu |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 04:11 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 04:42 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15707 |