Laily Wijayanti Utami and Erry Hidayanto and Sisworo Kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal program linear pada pembelajaran daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2): 8. pp. 257-268. ISSN 2086-4280
Jurnal_Laily Wijayanti Utami_Universitas Pendidikan Indonesia_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (606kB) | Preview
Abstract
Peserta didik mengalami kesulitan dalam pembelajaran daring matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan program linear pada pembelajaran daring. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XII MIPA 1 SMAN 5 Pamekasan tahun pelajaran 2020/2021 sejumlah 29 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal tes program linear sebanyak 2 soal bentuk uraian, soal tersebut sudah divalidasi sebelumnya oleh dua validator. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pemberian soal tes dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif di mana data dikumpulkan melalui hasil pengerjaan soal program linear, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami beberapa kesulitan dalam menyelesaikan program linear pada beberapa langkah, yaitu mengubah soal cerita program linear menjadi bentuk matematika, mengarsir dan menentukan daerah hasil penyelesaian, menentukan koordinat titik pojok pada daerah penyelesaian dan menarik kesimpulan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan, Pembelajaran daring, Program linear |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 03:24 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 03:32 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15700 |