Etnomatematika: konsep matematika pada kue lebaran

Indah Amanah Diniyati and Aisyah Nurwulan Ekadiarsi and Salsabila and Ika Akmalia Herva Herdianti and Tasya Amelia and Wahidin (2022) Etnomatematika: konsep matematika pada kue lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2): 7. pp. 247-256. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Indah Amanah Diniyati_Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Indah Amanah Diniyati_Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (703kB) | Preview

Abstract

Pada saat belajar matematika sering mengalami kendala yang disebabkan ketika pembelajaran tidak memberikan contoh konkret dari objek matematika yang abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis etnomatematika yang terdapat di kue lebaran. Metode yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Total objek yang diteliti ada 4 buah kue lebaran, yaitu kue lidah kucing, kue kastangel, kue putri salju, kue nastar, dan 1 subjek untuk diwawancara, yaitu pedagang kue. Teknik penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh diantaranya pada kue nastar yang terbentuk dari bangun ruang setengah bola, kue putri salju yang terbentuk dari juring dan tembereng lingkaran kue kastangel yang terbentuk dari bangun ruang balok, dan kue Lidah kucing yang terbentuk dari bangun datar persegi panjang dan setengah lingkaran. Diharapkan dari pembelajaran konstektual yang menggunakan kue lebaran sebagai media pembelajaran dapat membantu serta menambah wawasan dalam memahami konsep bangun geometri pada matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Kue kebaran, Konsep geometri
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Apr 2023 03:25
Last Modified: 26 Apr 2023 03:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15698

Actions (login required)

View Item
View Item