Dina Lita Sari and Devi Asfira Fitriani and Denti Zaedatul Khaeriyah and Hartono and Farida Nursyahidah (2022) Hypothetical learning trajectory pada materi peluang: konteks mainan tradisional ular naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2): 3. pp. 203-214. ISSN 2086-4280
Jurnal_Dina Lita Sari_Universitas PGRI Semarang_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (580kB) | Preview
Abstract
Siswa masih mengalami kesulitan belajar materi peluang, diantaranya sulit memahami konsep peluang, salah dalam menggunakan rumus peluang, dan kurangnya motivasi dalam belajar materi peluang. Desain pembelajaran dengan konteks pembelajaran yang tepat dapat menjadi solusi. Penelitian ini bertujuan mendesain pembelajaran materi peluang menggunakan konteks permainan ular naga. Metode penelitian yaitu design research dengan 3 tahapan yaitu: tahap persiapan, eksperimen desain dan analisis retrospektif. Tahap persiapan memberikan penjelasan mengenai persiapan sebelum uji coba HLT pada tahap ekperimen desain. Penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas VIII MTs NU Mftahul Ulum Margasari dan 1 guru pengampu matematika. Penelitian ini merumuskan HLT yang terdiri dari 4 aktivitas pembelajaran siswa, yaitu: (1) Menonton video permainan ular naga, untuk mengidentifikasi banyaknya kejadian dan banyaknya eksperimen dan menentukan rumus peluang empirik, (2) menentukan rumus peluang teoritik, (3) menentukan ruang sampel, titik sampel, dan rumus frekuensi harapan, (4) menyelesaikan masalah kontekstual berkaitan materi peluang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adobe flash, Hypothetical learning trajectory, Peluang, Permainan tradisional Ular Naga; PMRI |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 03:28 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 03:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15687 |