Kesalahan siswa dalam memecahkan masalah trigonometri ditinjau dari indikator polya

Ega Gradini and Bettri Yustinaningrum and Dina Safitri (2022) Kesalahan siswa dalam memecahkan masalah trigonometri ditinjau dari indikator polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 5. pp. 49-60. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Ega Gradini_ Institut Agama Islam Negeri Takengon_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ega Gradini_ Institut Agama Islam Negeri Takengon_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (672kB) | Preview

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah Trigonometri yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa memecahkan masalah trigonometri ditinjau dari strategi pemecahan masalah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan 1 guru dan 20 siswa SMA. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Tes terdiri atas 5 masalah Trigonometri. Wawancara semi terstruktur diberikan pada; (1) guru untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa selama proses pembelajaran Trigonometri, dan (2) siswa untuk mengidentifikasi kesalahan dalam memecahkan masalah. Data dianalisis dengan tahapan berikut; (1) jawaban siswa diperiksa lalu di hitung skor untuk setiap masalah, (2) di identifikasi jenis kesalahan siswa pada setiap masalah, (3) persentase banyaknya siswa dihitung pada tiap jenis kesalahan, dan (4) siswa yang melakukan kesalahan diwawancara untuk mengetahui penyebab dan jenis kesalahan. Penelitian ini menemukan bahwa kesalahan siswa dalam memecahkan masalah Trigonometri adalah: (i) Kesalahan memahami masalah Trigonometri (57,73%); (ii) Kesalahan dalam merencanakan strategi (9,27%); (iii) Kesalahan menerapkan solusi (15,83%); dan (iv) kesalahan dalam memeriksa kembali (17,16%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Indikator polya, Pemecahan masalah, Trigonometri
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Apr 2023 04:40
Last Modified: 25 Apr 2023 01:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15659

Actions (login required)

View Item
View Item