Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal limit trigonometri

Yosepha Patricia Wua Laja (2022) Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal limit trigonometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 4. pp. 37-48. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Yosepha Patricia Wua Laja_Universitas Timor_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Yosepha Patricia Wua Laja_Universitas Timor_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (696kB) | Preview

Abstract

Limit trigonometri menjadi salah satu materi penting pada mata kuliah Kalkulus. Namun mahasiswa mengakui bahwa sub-bab materi ini sangatlah sulit, sekalipun mereka sudah mempelajarinya di bangku sekolah menengah. Solusi yang ditawarkan adalah menganalisis kesulitan apa saja yang dialami mahasiswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal limit trigonometri dan penyebab kesulitannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan matematika yang berjumlah 30 mahasiswa, kemudian dianalisis tiga jawaban mahasiswa yang mewakili kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes sebanyak dua nomor tentang limit trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang ditemui pada penelitian ini adalah kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis deskriptif, Kesulitan mahasiswa, Limit trigonometri
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Apr 2023 04:39
Last Modified: 25 Apr 2023 01:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15658

Actions (login required)

View Item
View Item