Yosepha Patricia Wua Laja (2022) Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal limit trigonometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 4. pp. 37-48. ISSN 2086-4280
Jurnal_Yosepha Patricia Wua Laja_Universitas Timor_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (696kB) | Preview
Abstract
Limit trigonometri menjadi salah satu materi penting pada mata kuliah Kalkulus. Namun mahasiswa mengakui bahwa sub-bab materi ini sangatlah sulit, sekalipun mereka sudah mempelajarinya di bangku sekolah menengah. Solusi yang ditawarkan adalah menganalisis kesulitan apa saja yang dialami mahasiswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal limit trigonometri dan penyebab kesulitannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan matematika yang berjumlah 30 mahasiswa, kemudian dianalisis tiga jawaban mahasiswa yang mewakili kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes sebanyak dua nomor tentang limit trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang ditemui pada penelitian ini adalah kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis deskriptif, Kesulitan mahasiswa, Limit trigonometri |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 04:39 |
Last Modified: | 25 Apr 2023 01:23 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15658 |