Rindu Rudianti and Aripin and Dedi Muhtadi (2021) Proses berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3): 9. pp. 437-448. ISSN 2086-4280
Jurnal_Rindu Rudianti, Dedi Muhtadi, Aripin Aripin_Universitas Siliwangi Tasikmalaya_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (518kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilakukan mengingat pentingnya memperhatikan kemampuan berpikir kritis dan tipe kepribadian untuk menunjang keberhasilan belajar matematika. Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Metode penelitian yaitu kualitatif eksploratif, dengan subjek sebanyak empat siswa kelas XII teknik busana butik salah satu SMK Negeri di Rajadesa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis, wawancara, dan angket tipe kepribadian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek ekstrovert lebih cepat dibandingkan dengan introvert dalam menyelesaikan masalah, tetapi kurang teliti dalam menyelidiki permasalahan. Subjek ekstrovert juga menggunakan konsep yang salah ketika menarik kesimpulan, mereka tidak tepat dalam mengaitkan informasi yang ada dengan pengetahuan yang dimilikinya. Sedangkan subjek introvert, cenderung tenang, teliti, hati-hati, dan memikirkan kembali solusi sebelum menarik kesimpulan. Siswa introvert mampu mengembangkan argumen dengan mengembangkan informasi yang ada dan memberikan pernyataan yang mengarah pada langkah-langkah yang diambil dalam menyelesaikan masalah, meskipun tidak dapat menuliskannya dengan tepat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, Tipe kepribadian ekstrovert dan introvert |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 04:22 |
Last Modified: | 25 Apr 2023 00:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15648 |