Pola asuh orang tua siswa dengan motivasi belajar matematika tingkat tinggi pada masa pandemi Covid-19

Dhita Nabilah Hendrawan and Benny Hendriana (2021) Pola asuh orang tua siswa dengan motivasi belajar matematika tingkat tinggi pada masa pandemi Covid-19. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3): 3. 369 -378. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Dhita Nabilah Hendrawan, Benny Hendriana_Universitas Muhammadiyah Prof. DR.Hamka_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dhita Nabilah Hendrawan, Benny Hendriana_Universitas Muhammadiyah Prof. DR.Hamka_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (548kB) | Preview

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar anak. Terkait hal tersebut, bimbingan dan didikan dari orang tua akan mempengaruhi motivasi belajar anak, yang pada akhirnya menjadi salah satu penentu keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua pada siswa yang memiliki motivasi belajar matematika tinggi di kelas 8 SMP. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan instrumen penelitian berbentuk angket dan wawancara. Subyek penelitian yaitu 38 siswa kelas 8A dengan fokus 5 siswa pada salah satu SMP Negeri di Tambun Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 siswa yang mempunyai tingkat motivasi belajar matematika kategori tinggi, terdapat 3 orang tua yang menggunakan tipe pola asuh demokratis dan terdapat 2 orang tua yang menggunakan tipe pola asuh permisif. Kedua pola asuh tersebut dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar matematika yang tinggi pada siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Motivasi belajar, Pola asuh
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:38
Last Modified: 24 Apr 2023 23:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15623

Actions (login required)

View Item
View Item