Literasi matematika siswa IPS dalam menyelesaikan soal PISA konteks saintifik

Bagus Wahyu Purnomo and Anisa Fatwa Sari (2021) Literasi matematika siswa IPS dalam menyelesaikan soal PISA konteks saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3): 2. 357 -368. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Bagus Wahyu Purnomo_STKIP Al Hikmah Surabaya_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Bagus Wahyu Purnomo_STKIP Al Hikmah Surabaya_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (812kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian literasi matematika di Indonesia tidak secara spesifik mengungkap literasi matematika siswa dengan mempertimbangkan latar belakang keilmuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa IPS dalam menyelesaikan soal PISA. Literasi matematika yang diungkap berfokus pada pemahaman siswa IPS terhadap konteks saintifik. Penelitian deskriptif ini melibatkan 3 siswa IPS di salah satu SMA di Jawa Timur. Setiap subjek penelitian yang memiliki tingkat kemampuan matematika berbeda diberikan soal tes kemampuan literasi matematika kemudian diwawancarai. Hasil tes dan wawancara dianalisis menggunakan kerangka kerja PISA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa IPS memiliki tingkat pemahaman yang baik tentang konteks saintifik pada soal PISA. Dari 3 soal yang diberikan, siswa IPS hanya terkendala di satu soal sehingga tidak semua indikator pemahaman terhadap konteks PISA dapat dipenuhi oleh dua siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konteks saintifik, Literasi matematika, PISA
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:37
Last Modified: 24 Apr 2023 23:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15620

Actions (login required)

View Item
View Item