Bagus Wahyu Purnomo and Anisa Fatwa Sari (2021) Literasi matematika siswa IPS dalam menyelesaikan soal PISA konteks saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3): 2. 357 -368. ISSN 2086-4280
Jurnal_Bagus Wahyu Purnomo_STKIP Al Hikmah Surabaya_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (812kB) | Preview
Abstract
Hasil penelitian literasi matematika di Indonesia tidak secara spesifik mengungkap literasi matematika siswa dengan mempertimbangkan latar belakang keilmuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa IPS dalam menyelesaikan soal PISA. Literasi matematika yang diungkap berfokus pada pemahaman siswa IPS terhadap konteks saintifik. Penelitian deskriptif ini melibatkan 3 siswa IPS di salah satu SMA di Jawa Timur. Setiap subjek penelitian yang memiliki tingkat kemampuan matematika berbeda diberikan soal tes kemampuan literasi matematika kemudian diwawancarai. Hasil tes dan wawancara dianalisis menggunakan kerangka kerja PISA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa IPS memiliki tingkat pemahaman yang baik tentang konteks saintifik pada soal PISA. Dari 3 soal yang diberikan, siswa IPS hanya terkendala di satu soal sehingga tidak semua indikator pemahaman terhadap konteks PISA dapat dipenuhi oleh dua siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konteks saintifik, Literasi matematika, PISA |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 04:37 |
Last Modified: | 24 Apr 2023 23:43 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15620 |