Zetra Hainul Putra and Neni Hermita and Jesi Alexander Alim (2022) Analisis pengetahuan matematika, didaktika, dan teknologi calon guru Sekolah Dasar menggunakan rasch model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3): 1. 345 -356. ISSN 2086-4280
Jurnal_Zetra Hainul Putra, Neni Hermita, Jesi Alexander Alim_Universitas Riau_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (602kB) | Preview
Abstract
Pengetahuan matematika, didaktika, dan teknologi yang harus dimilik oleh calon guru dan guru, sebelumnya diukur dengan metode classical test theory (CTT), namun memiliki keterbatasan. Penelitian bertujuan mengetahui pengetahuan tersebut dengan metode yang diprekdiksi lebih akurat yaitu item response theory (IRT) dari rasch model. Metode penelitian meliputi survey pengetahuan matematika dan didaktika serta survey pengetahuan teknologi menggunakan angket. Subjek penelitian yaitu 38 mahasiswa tahun kedua calon guru sekolah dasar dari sebuah institusi pendidikan guru sekolah dasar di Pekanbaru. Hasil studi menunjukkan calon guru sekolah dasar memiliki pengetahuan matematika dan teknologi cukup baik, namun pengetahuan didaktika sangat rendah. Analisis pengetahuan calon guru menggunakan rasch model mampu memberikan gambaran tingkat kesulitan soal/item yang diberikan, tingkat pengetahuan responden, dan interaksi antar responden dan antar soal. Institusi pendidikan perlu mengembangkan pembelajaran bagi calon guru Sekolah Dasar yang mampu mendukung penguatan dan pengembangan pengetahuan matematika, didaktika, dan teknologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan didaktika, Pengetahuan matematika, Pengetahuan teknologi, Rasch model |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 04:36 |
Last Modified: | 24 Apr 2023 13:29 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15618 |