Pengaruh electronic word of mouth (eWOM) di media sosial twitter @avoskinbeauty terhadap keputusan pembelian avoskin

Bunga, Rizky Oktaviani and Helpris, Estaswar (2022) Pengaruh electronic word of mouth (eWOM) di media sosial twitter @avoskinbeauty terhadap keputusan pembelian avoskin. Publish: Basic and Applied Research Publication on Communications, 1 (1): 2. pp. 10-24. ISSN 2830-3652

[thumbnail of Jurnal_Bunga Rizky Oktaviani_Universitas Pancasila_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Bunga Rizky Oktaviani_Universitas Pancasila_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (162kB) | Preview

Abstract

Melakukan perawatan di klinik atau pun pembelian kosmetik, kini telah menjelma sebagai kebutuhan yang esensial. Kondisi ini disebabkan karena adanya pemahaman yang tinggi mengenai pentingnya penampilan diri. Akibatnya, terjadi peningkatan penjualan produk kecantikan, bahkan pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia, terlebih perusahaan kosmetik. Akhirnya, merek-merek kosmetik melakukan strategi komunikasi pemasaran. Komunikasi electronic word of mouth (eWOM) merupakan satu diantara bentuk komunikasi pemasaran mengenai ulasan konsumen kepada konsumen lainnya perihal merek, produk, jasa dan perusahaan yang disampaikan secara daring. Avoskin melalui akun Twitter @avoskinbeauty selaku merek skincare lokal memanfaatkan eWOM untuk mendapat calon konsumen potensial dan mendorong keputusan pembelian produk. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh eWOM di media sosial Twitter @avoskinbeauty terhadap keputusan pembelian Avoskin. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Teknik pengambilan sampelnya adalah stratified random sampling dengan jumlah 396 pengikut akun Twitter @avoskinbeauty. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh eWOM terhadap keputusan pembelian, di mana pengaruhnya sebesar 30,6%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Electronic word of mouth (eWOM), Media sosial, Keputusan pembelian
Subjects: Social and Political Sciences > Social Concerns
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:32
Last Modified: 17 Apr 2023 06:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15584

Actions (login required)

View Item
View Item