Pengaruh keamanan, promosi, kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap loyalitas konsumen Lazada

Stefanny Irene Putri Maryono and Lilik Indrawati (2022) Pengaruh keamanan, promosi, kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap loyalitas konsumen Lazada. Konsumen & Konsumsi: Jurnal Manajemen, 1 (2): 2. pp. 129-142. ISSN 2808-4667

[thumbnail of Jurnal_Stefanny Irene Putri Maryono_Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Stefanny Irene Putri Maryono_Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (335kB) | Preview

Abstract

Perkembangan perdagangan semakin berkembang dan beralih dari metode tradisional hingga modern, yaitu dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang sangat mendukung suatu bisnis, khususnya bisnis transaksi jual beli secara online. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah keamanan, promosi, kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Lazada. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas yang menyimpulkan bahwa semua nilai r hitung pada penelitian ini > dari r tabel dan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa keseluruhan variabel memiliki Cronbach’s Alpha > 0,60 sehingga disimpulkan bahwa seluruh variabel yang diteliti bersifat reliabel ataupun konsisten. Uji asumsi klasik yang terdiri dari3 (tiga) uji yaitu uji normalitas dimana hasil dari gambar menunjukkan bahwa model regresi ini telah berdistribusi secara normal dan memenuhi asumsi normalitas, uji multikolinearitas menunjukan nilai tolerance > 0,1 dan nilai VIF < 10 yang berarti model regresi ini tidak mengalami multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas yang menunjukan bahwa model regresi pada penelitian ini tidak mengalami gejala heteroskedastisitas. Hasil Uji regresi linear berganda yaitu Y = 0,838 + 0,042 X1 + 0,140 X2 + 0,079 X3 + 0,214 X4. Koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,595 atau 59,5% dan nilai adjusted RSquare sebesar 0,578 atau 57,8 dan dinyatakan bahwa semua variabel independen pada penelitian ini secara bersamaan meberikan kontribusi sedang terhadap variabel dependen. Uji t pada penelitian ini menghasilkan variabel keamanan (X1) memiliki nilai t hitung 0,435 < 1,98525 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,665 > 0,050 yang berarti bahwa keamanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Lazada, variabel promosi (X2) memiliki nilai t hitung 2,133 > 1,98525 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,035 < 0,050 yang berarti bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Lazada, variabel kualitas pelayanan (X3) memiliki nilai t hitung 2,073 > 1,98525 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,041 < 0,050 yang berarti bahwa kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Konsumen Lazada, dan variabel citra merek (X4) memiliki nilai t hitung 3,448 > 1,98525 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,050 yang berarti bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Lazada. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa promosi, kualitas pelayanan, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Lazada pada mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya, sedangkan keamanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Lazada pada mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keamanan, Promosi, Kualitas pelayanan, Citra merek, Loyalitas konsumen
Subjects: Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 14 Apr 2023 08:07
Last Modified: 15 Apr 2023 08:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15526

Actions (login required)

View Item
View Item