Sifat fisikokimia dan organoleptik nugget jamur tiram (Pleurotus ostreatus) dengan variasi penambahan sayuran brokoli hijau (Brassica oleracea)

Khaerul Umum Balia and Siti Farida and Randhiki Gusti Perdana (2022) Sifat fisikokimia dan organoleptik nugget jamur tiram (Pleurotus ostreatus) dengan variasi penambahan sayuran brokoli hijau (Brassica oleracea). Green House: Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan, 1 (1): 6. pp. 46-59. ISSN 2963-1858

[thumbnail of Jurnal_Khaerul Umum Balia_Institut Pertanian Malang_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Khaerul Umum Balia_Institut Pertanian Malang_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (299kB) | Preview
Official URL: https://jghipm.com/

Abstract

Nugget ialah salah satu jenis makanan cepat saji yang saat ini dikenal baik olek oleh masyarakat. Produk nugget biasanya terbuat dari daging sapi dan ayam yang dimana harganya tergolong cukup mahal dan kurang menyehatkan, sehingga perlu di cari alternatif bahan baku nabati sebagai pengganti daging ayam dan sapi yang memiliki kandungan dan protein tinggi dan dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan nugget. Salah satu bahan nabati yang bisa digunakan dalam pembuatan nugget yaitu jamur tiram. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) tidak hanya dikenal sebagai bahan pangan yang lezat dan bergizi tinggi tetapi juga berfungsi sebagai bahan nuttraceutical karena bersifat antimikroba dan antioksidan. Kemampuan antioksidan jamur tiram putih menunjukkan hal yang positif yaitu presentase sisa pemucat warna menggunakan pemucatan senyawa polisakarida yaitu 96.43%. Brokoli hijau (Brassica oleracea) merupakan salah satu tanaman sayur dari suku kubis-kubisan. Sayuran ini kini cukup populer sebagai bahan pangan yang mengandung bermacam-macam zat gizi seperti karbohidrat, protein dan mineral serta berbagai vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berdasarkan hasil analisis ragam pada taraf kepercayaan 95% dan uji BNT 5%, pada uji organoleptic nugget jamur tiram dengan penambahan brokoli hijau yang memiliki tingkat penerimaan tertinggi terdapat pada nugget jamur tiram perlakuan F5 (70% jamur tiram-30% brokoli hijau). Formulasi nugget jamur tiram dengan penambahan brokoli hijau (F5) memiliki nilai kadar karbohidrat 45,76%, kadar protein 7,71%, kadar lemak 8,17%, kadar air 35,27%, kadar abu 3,09%, kadar serat 5,65%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Brokoli hijau, Jamur tiram, Uji organoleptik, Nuget
Subjects: Agriculture & Food > Agronomy, Horticulture, & Plant Pathology
Agriculture & Food > Food Technology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:01
Last Modified: 18 Apr 2023 01:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15491

Actions (login required)

View Item
View Item