Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan JNE

Nov, Elhan Gea and Cardinal, Pranatal Mendrofa (2022) Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan JNE. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi (Jamane), 1 (1): 18. pp. 152-159. ISSN 2829-8888

[thumbnail of Jurnal_Nov Elhan Gea_Universitas Nias_2022-18.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nov Elhan Gea_Universitas Nias_2022-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (569kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan pada JNE Kota Gunungsitoli. Instrumen penelitian menggunakan angket sebanyak 20 soal yang di sebar secara acak kepada 50 orang pelanggan JNE. Untuk menguji reliabilitas tes, dilakukan dengan mengkorelasikan setiap varibel, setelah disubtitusikan dengan Rumus Spearman Brown ditemukan sebagai berikut: variabel X, rxy = 0,979 tergolong sangat tinggi, yaitu berada di antara 0,800-0,100. Variabel Y, rxy = 0,578 tergolong tinggi, yaitu berada di antara 0,800-0,100. Dari hasil tersebut dapat menginterprestasikan besarnya koefisien instrumen penelitian, sehingga memenuhi syarat reliabel tes. Dari hasil perhitungan koefisien antara varibel X (Kualitas Pelayanan) terhadap variabel Y (Kepuasan Pelanggan) diperoleh r_hitung (rxy) = 0,504 jika dikonsultasikan pada tabel harga kritik r product moment untuk interval kepercayaan 5% setelah di hitung ternyata r_hitung = 0,504 > dari r_tabel = 0,486. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kontribus variabel X terhadap Y sangat kuat yaitu 36 %. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis ternyata H0 di tolak sebab t_hitung = 3.229 > t_tabel = 2,052 sehingga dapat dinyatakan adanya korelasi Kualitas Pelayanan (X) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada JNE Kota Gunungsitoli.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan pelanggan
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:12
Last Modified: 05 Apr 2023 04:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15280

Actions (login required)

View Item
View Item