Muhammad, Irfan Cendekiawan and Idris, Idris and Taufik, Rahman (2022) Penerapan model antrian dalam meningkatkan kinerja pelayanan di PT. Sumber Indah Perkasa. Journal of Management and Industrial Engineering (JMIE), 1 (1): 5. pp. 48-58. ISSN 2962-9144
Jurnal_Muhammad Irfan Cendekiawan_STT Nusantara Lampung_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (595kB) | Preview
Abstract
Banyak antrian disaat penerimaan bahan baku kelapa sawit menyebabkan para supir merasa tidak nyaman sehingga dibutuhkan suatu sistem antrian atau model untuk menangani masalah antrian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kasus adalah penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap objek suatu organisme, lembaga atau gejala-gejala tertentu yang diteliti. Adapun kasus yang dibahas mengenai kebijakan system antrian kendaraan pengangkut kelapa sawit untuk kelancaran proses produksi pada PT. Sumber Indah Perkasa. Analisis model antrian yang cocok untuk sistem antrian yang digunakan pada PT. Sumber Indah Perkasa adalah model Multi Channel-Single Phase. Dari hasil penelitian menunjukkan nilai dari ratarata truk pengangkut sawit dalam antrian (Lq) adalah 0.0350, sedangkan jumlah rata-rata truk pengangkut sawit dalam sistem (Ls) adalah, 0.0175. Adapun waktu menunggu rata-rata truk pengangkut sawit dalam antrian (Wq) adalah 1,05 menit dan waktu menunggu rata-rata truk pengangkut sawit dalam sistem (Ws) adalah 0,5 menit dan sistem antrian dapat dikatakan optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Antrian, Kelapa sawit, Waktu menunggu |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 07:45 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 07:45 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14911 |