Tresna, Maulana Fahrudi and Rangga, Laksana Aryananda and Ellexia, Leonie Gunawan and Valentino, Belardo and Firsta, Marcelia and Christina, Halim (2022) Analisis video keluhan pelanggan menggunakan automatic speech recognition dan analisis polaritas sentimen. Software Development, Digital Business Intelligence, and Computer Engineering, 1 (1): 3. pp. 14-21. ISSN 2963-9026
Jurnal_Tresna Maulana Fahrudin_UPN Veteran Jawa Timur_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (659kB) | Preview
Abstract
Tingkat kepuasan pelayanan pelanggan dapat ditinjau berdasarkan keluhan-keluhan pelanggan. Begitu besarnya potensi transaksi penjualan produk dengan pelanggan melalui e-commerce juga meningkatkan peluang terjadinya komplain atau keluhan pelanggan terkait kecacatan produk, keterlambatan produk, kualitas produk, dan lainnya. Keluhan pelanggan biasa disampaikan melalui ulasan-ulasan di media sosial berbentuk teks. Namun, data keluhan pelanggan saat ini semakin bervariasi dalam bentuk video.Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk menganalisis video keluhan pelanggan menggunakan automatic speech recognition dan analisis polaritas sentimen. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa telah ditemukan beberapa keluhan pelanggan pada video yang dianimasikan bertempat di restoran dan mini market. Nilai compound pada video keluhan pelanggan di restoran pada potongan video ke-7 sebesar -0.4747, potongan video ke-10 sebesar -0.8664, dan potongan video ke-11 sebesar -0.6801, sedangkan nilai compound pada video keluhan pelanggan di mini market pada potongan video ke-1 sebesar -0.1027, potongan video ke-2 sebesar -0.2023, dan potongan video ke-5 sebesar -0.5563. Nilai compound tersebut merepresentasikan keluhan pelanggan yang mengarah ke sentimen negatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video keluhan, Pelanggan, Pengenalan suara, Analisis sentiment, Polaritas |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory Computers, Control & Information Theory > Computer Software Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 09:37 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 09:27 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/14863 |