Prates keterampilan menulis artikel ilmiah berbasis instrumen online bagi mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia

Rika, Widawati and Sulistianah, Sulistianah (2022) Prates keterampilan menulis artikel ilmiah berbasis instrumen online bagi mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 1 (5): 7. pp. 639-650. ISSN 2809-5367

[thumbnail of Jurnal_Rika Widawati_Universitas Pendidikan Indonesia_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rika Widawati_Universitas Pendidikan Indonesia_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis pendahuluan untuk artikel ilmiah berbasis instrumen online bagi anggota sampel. Penelitian dilakukan di awal semester ganjil 2022/2023. Populasi penelitian adalah mahasiswa S-1 sejumlah 42 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia yang mengikuti dan submit prates via google form berbasis artikel ilmiah online. Jumlah ini terbagi dari 15 mahasiswa baru S-1 Prodi Pendidkan Ilmu Komputer, 15 mahasiswa baru S-1 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, dan 12 mahasiswa baru S-1 Prodi Biologi. Sampel ditetapkan sebanyak 39 mahasiswa baru yang terbagi dari 14 mahasiswa baru S-1 Prodi Pendidikan Ilmu Komputer, 14 mahasiswa baru S-1 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, dan 11 mahasiswa baru S-1 Prodi Biologi; ditarik secara random sederhana dari setiap anggota kelompok populasi. Instrumen penelitian berbentuk tes esai berupa uraian menulis latar belakang, rumusan masalah, tujuan, definisi operasional, dan artikel relevan berbasis artikel online. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik karena uji asumsi terpenuhi. Uji t satu sampel, uji t sampel independen, dan uji ANOVA searah digunakan sebagai alat untuk menganalisis data sesuai dengan rumusan masalah. Semua pengujian statistik menggunakan aplikasi SPSS. Untuk rumusan ke-1 ditemukan nilai t = 0,497 untuk uji t satu sampel pada sig. = 0,622 sehingga sig. = 0,497 > 0,05 yang bermakna hasil prates keterampilan menulis pendahuluan artikel berkategori rendah. Nilai F = 0,902 untuk uji ANOVA searah untuk prodi pada sig. = 0,415 sehingga sig. = 0,415 > 0,05 yang bermakna hasil prates keterampilan menulis pendahuluan artikel online berdasarkan perbedaan prodi tidak memperlihatkan perbedaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prates, Keterampilan menulis artikel, Instrumen online, Mahasiswa baru
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:14
Last Modified: 16 Dec 2022 03:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13866

Actions (login required)

View Item
View Item