Prediksi variasi harian komponen H regional menggunakan analisis harmonik

Habirun (2009) Prediksi variasi harian komponen H regional menggunakan analisis harmonik. In: Geomagnet dan Magnet Antariksa. Massma Publishing, Jakarta, pp. 78-87.

[thumbnail of Bunga rampai_Habirun_Hal.78-87_2009.pdf]
Preview
Text
Bunga rampai_Habirun_Hal.78-87_2009.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Prediksi variasi harian komponen H pola hari tenang regional menggunakan metode analisis Harmonik dengan berdasarkan pola akibat dampak variasi diurnal (diurnal variation), variasi semi diurnal (semi diurnal variation) dan quarter variation. Menggunakan data variasi harian komponen H pola hari tenang dari stasiun pengamat geomagnet Tangerang dan Biak. Penentuan model prediksi didukung oleh data aktivitas matahari yang dinyatakan bilangan sunspot rata-rata sebagai indikator. Sedangkan model pendukung ditentukan berdasarkan hubungan model linear dengan masukan jumlah bilangan sunspot rata-rata yang telah dikenal. Kemudian data itu dihitung kembali dengan menggunakan Transformasi Fourier Umum TFU dengan memperhitungkan dampak variasi diurnal. Konstanta-konstanta dan sudut fasa TFU tersebut secara matematis dihubungkan secara linear terhadap lintang geografis sehingga diperoleh model prediksi Transformasi Fourier Analitis TFA.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Harmonik analisis, komponen H, prediksi, variasi diurnal, aktivitas matahari
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Matahari dan Astrofisika
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:38
Last Modified: 06 Dec 2022 03:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13585

Actions (login required)

View Item
View Item