Identifikasi model variasi harian komponen H dan Z menggunakan metode time series analisis

Habirun and Sity Rachyany (2009) Identifikasi model variasi harian komponen H dan Z menggunakan metode time series analisis. In: Geomagnet dan Magnet Antariksa. Massma Publishing, Jakarta, pp. 70-77.

[thumbnail of Bunga rampai_Habirun dk_Hal.70-77_2009.pdf]
Preview
Text
Bunga rampai_Habirun dk_Hal.70-77_2009.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Karakteristik variasi harian komponen geomagnet sangat berfluktuasi dan komplek akibat dipengaruhi berbagai aktivitas gangguan antara lain pengaruh aktivitas matahari mempengaruhi variasi harian komponen H dan Z. Dengan hal itu pada uraian ini dibahas identifikasi model variasi harian komponen H dan Z pola hari tenang menggunakan metode time series analisis berdasarkan model Auto Regression- AR(2) orde 2 dan model Auto Regression Moving Average-ARMA(2,2) orde 2 dan 2. Menggunakan data variasi harian komponen H dan Z pola hari tenang tahun 2004 dari stasiun pengamat geomagnet Tangerang. Hasil identifikasi model variasi harian komponen H dan 2 pola hari tenang dengan masing-masing galat sebesar 0,48 nT untuk model AR(2) menggunakan data variasi harian komponen H dengan efisiensi 98 %. Demikian pula untuk data variasi harian komponen Z pola hari tenang dengan galat 1,41 nT menggunakan model AR (2) dengan efisiensi 94 %.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Variasi komponen H dan Z, identifikasi model, AR dan ARMA
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Matahari dan Astrofisika
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:33
Last Modified: 06 Dec 2022 03:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13584

Actions (login required)

View Item
View Item