Uji multikolinieritas untuk badai geomagnet berdasarkan medan magnet antar planet dan kecepatan angin matahari

Sity, Rachyany (2009) Uji multikolinieritas untuk badai geomagnet berdasarkan medan magnet antar planet dan kecepatan angin matahari. In: Geomagnet dan magnet antariksa. Massma Publishing, Jakarta, pp. 18-24.

[thumbnail of Bunga rampai_Sity Rachyany_Hal.18-24_2009.pdf]
Preview
Text
Bunga rampai_Sity Rachyany_Hal.18-24_2009.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Badai geomagnet adalah fenomena cuaca antariksa sebagai dampak dari hubungan matahari-bumi. Dengan mengolah data indeks dst, medan magnet antar planet dan kecepatan angin matahari dari pengamatan spacecraft ACE dari tahun 1998 hingga 200, diperoleh hubungan antara badai geomagnet dengan medan magnet antar planet dan kecepatan angin matahari mengikuti regresi linier berganda dengan koefisien determinasi 0.56.Dari uji multikolinieritas berdasarkan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS, diperoleh bahwa model badai geomagnet tersebut tidak memiliki masalah multikolinieritas yang ditunjukkan dengan nilai toleransi dan VIF sekitar 1. Artinya, model badai geomagnet berdasarkan medan magnet antar planet dan kecepatan angin matahari dapat digunakan.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Badai geomagnet, Indeks Dst, Multikolinieritas, VIF
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Matahari dan Astrofisika
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:56
Last Modified: 01 Dec 2022 03:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13521

Actions (login required)

View Item
View Item