Analisis otokorelasi untuk model badai geomagnet berdasarkan medan magnet antar planet dan kecepatan angin matahari

Sity Rachyany (2009) Analisis otokorelasi untuk model badai geomagnet berdasarkan medan magnet antar planet dan kecepatan angin matahari. In: Geomagnet dan magnet antariksa. Massma Publishing, Jakarta, pp. 1-7.

[thumbnail of Bunga rampai_Sity Rachyany_Hal. 1-7_2009.pdf]
Preview
Text
Bunga rampai_Sity Rachyany_Hal. 1-7_2009.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Badai geomagnet adalah suatu gangguan temporer atau sementara dari magnetosfer bumi. Dengan mengolah dan menganalisis data indeks Dst, medan magnet antar planet dan data kecepatan angin matahari dari pengamatan spacecraft ACE dari tahun 1998 hingga 2000, diperoleh model badai geomagnet mengikuti regresi linier berganda dengan koefisien determinasi, sebesar 0.58. berdasarkan analisis otokorelasi pada model badai geomagnet tersebut dengan menggunakan program SPSS, diperoleh nilai Durbin-Watson sebesar 2,189. Nilai ini menunjukkan bahwa model badai geomagnet tersebut tidak mengalami gangguan otokorelasi. Artinya, model badai geomagnet berdasarkan medan magnet antar planet dan kecepatan angin matahari bisa digunakan.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Badai geomagnet, Indeks Dst, Otokorelasi, Nilai Durbin-Watson
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Matahari dan Astrofisika
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 02 Dec 2022 04:24
Last Modified: 02 Dec 2022 07:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13519

Actions (login required)

View Item
View Item