Pengaruh User Interface aplikasi Shopee terhadap minat beli masyarakat

Shafa Giyan A’yuni and Dhety Chusumastuti (2021) Pengaruh User Interface aplikasi Shopee terhadap minat beli masyarakat. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5 (1): 5. pp. 49-58. ISSN p-ISSN 2614-1272, e-ISSN 2720-9857

[thumbnail of 5_1_2021_49-58_2614-1272-5.pdf]
Preview
Text
5_1_2021_49-58_2614-1272-5.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Kemajuan dari teknologi telah menghadirkan banyak e-commerce. Namun, masih banyak aplikasi e-commerce yang sulit untuk digunakan,terutama pada aspek User Interface dimana hal tersebut berdampak pada minat beli masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh User Interface, khususnya pada aplikasi Shopee terhadap minat beli masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tidak diketahui jumlahnya, baik yang telah memiliki atau tidak memiliki akun Shopee. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan rumus Cochran, sehingga jumlah sampel penelitian diperoleh sebanyak 100 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa User Interface aplikasi Shopee memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli masyarakat sebesar 41,6% dan sisanya sebesar 58,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-commerce, User Interface, Buying interest, Shopee
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Economics and Business
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: - siti Elly
Date Deposited: 28 Nov 2022 08:49
Last Modified: 28 Nov 2022 09:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13484

Actions (login required)

View Item
View Item