Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berdasarkan teori polya

Naning, Kurniawati and Awawin, Mustana Rohmah and Suwito, Suwito (2021) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berdasarkan teori polya. Journal of Mathematics Education and Science, 4 (1): 5. pp. 31-35. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Naning Kurniawati_UNUGIRI_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Naning Kurniawati_UNUGIRI_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya soal matematika dalam bentuk cerita. Kemampuan siswa dalam memahami soal cerita di tentukan oleh kemampuan verbal siswa. Kemampuan verbal merupakan kemampuan untuk memahami hubungan kata, kosakata serta menerima dengan cepat kata-kata tertentu termasuk kemampuan mengingat kata-kata dan pola membentuknya. Penyebab lain yang menyebabkan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika yaitu kurang memahami pertanyaan pada soal, kurang memperhatikan penulisan simbol dan operasi serta tidak adanya penulisan kesimpulan. Fakta ini diperoleh dari hasil wawancara dengan guru matematika dan pengamatan dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal khususnya soal berbentuk cerita dengan teori Polya. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu MTs di Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Penelitian dilaksanakan kepada 3 siswa yang telah melalui seleksi. Siswa yang terpilih untuk dijadikan subjek penelitian adalah siswa dengan kategori rendah, sedang dan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah beberapa siswa di jenjang kelas VII yang telah melewati seleksi sesuai tujuan peneliti pada tahun 2020. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui tes essay dan tes wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada enam kesalahan yang dilakukan siswa yaitu tidak memahami pertanyaan, pemilihan strategi yang tidak tepat, tidak memperhatikan besaran atau satuan, tidak tepat dalam perhitungan, tidak tepat dalam menarik kesimpulan dan tidak adanya kesimpulan yang diberikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesalahan siswa, Soal cerita, Teori Polya
Subjects: Mathematical Sciences > Statistical Analysis
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 23 Nov 2022 14:30
Last Modified: 23 Nov 2022 14:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13368

Actions (login required)

View Item
View Item