Pemahaman konsep statistika siswa berdasarkan teori apos: studi kasus kelas X MIPA

Rika Ayu, Maharani and Soffil, Widadah and Dewi, Sukriyah (2022) Pemahaman konsep statistika siswa berdasarkan teori apos: studi kasus kelas X MIPA. Journal of Mathematics Education and Science, 5 (1): 10. pp. 79-85. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Rika_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022-10.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rika_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022-10.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (296kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika yang minim, menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Untuk dapat memahami materi dan dapat menyelesaikan masalah matematika maka siswa harus mampu menguasai konsep-konsep yang ada dalam matematika serta mampu untuk menerapkan konsep-konsepnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa SMA berdasarkan teori APOS dengan kemampuan matematika sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua siswa SMA Muhammadiyah 3 Tulangan kelas X MIPA 3 yang mempunyai kemampuan matematika sedang. Pengambilan kedua subjek didasarkan pada hasil tes kemampuan matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes: (1) tes kemampuan matematika (2) tes pemahaman konsep matematika dan metode wawancara. Keabsahan data penelitian diperoleh dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika berdasarkan teori APOS pada siswa berkemampuan matematika sedang hanya memenuhi satu indikator pemahaman konsep matematika yaitu, menyatakan ulang sebuah konsep dan hanya melalui satu tahapan teori APOS yaitu, tahap Aksi. Pada siswa dengan kemampuan matematika sedang tidak memenuhi indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika (tabel, grafik, atau diagram), dan menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu. Selain itu, juga tidak melalui tahapan Proses, Objek, dan Skema.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep matematik, Teori APOS, Kemampuan matematika sedang
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Diana Permata Sari
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:36
Last Modified: 18 Nov 2022 08:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13208

Actions (login required)

View Item
View Item