Rori, Imania and Netriwati, Netriwati and Novian Riskiana, Dewi and Yumn, Jamilah (2022) Pengaruh strategi pembelajaran scaffolding dengan bantuan bahan ajar macromedia flash 8.0 terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Journal of Mathematics Education and Science, 5 (1): 6. pp. 45-54. ISSN 2621-1203
Jurnal_Rori_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022-6.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (228kB) | Preview
Jurnal_Rori_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022-6.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (228kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika pada kelas yang menerapkan strategi pembelajaran Scaffolding berbantuan bahan ajar Macromedia Flash 8.0 dengan kelas yang menerapkan strategi pembelajaran konvensional. Kedua, perbedaan kategori siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Ketiga, interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode penelitian ini adalah kuantitaf, dengan jenis penelitian Quasy Experiment, serta menggunakan desain penelitian 2×3 uji hipotesis ANOVA dua arah sel tak sama. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kasui kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Hasil penelitian diperoleh
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar; Model pembelajaran scaffolding; Macromedia flash 8.0; Pemahaman konsep matematika |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory Mathematical Sciences |
Depositing User: | - Diana Permata Sari |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 05:48 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 05:50 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13107 |