Hasil belajar matematika dengan bentuk soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Nafidatul, Ulumiyah and Ismanto, Ismanto and Nurul, Ilmiyah (2022) Hasil belajar matematika dengan bentuk soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Journal of Mathematics Education and Science, 5 (1): 4. pp. 31-36. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Nafidatul_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nafidatul_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022-4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (199kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran matematika di MTs Bahrul Ulum Gayam dilaksanakan dengan berpusat pada guru, sehingga tidak nampak keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar matematika yang rendah. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD) dengan soal bentuk Higher Order Thinking Skills (HOTS) dipilih untuk mendorong keaktifan peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kompetensi menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dengan menggunakan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi bangun ruang kubus dan balok diperoleh hasil belajar yang baik dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS pada peserta didik kelas VIII A MTs Bahrul Ulum Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Divisions (STAD), Higher Order Thinking Skills (HOTS), Hasil belajar
Subjects: Mathematical Sciences
Depositing User: - Diana Permata Sari
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:05
Last Modified: 16 Nov 2022 06:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13105

Actions (login required)

View Item
View Item