Agung, Gunawan and Dian, Novita and Angga, Febrian (2021) Peran </i>celebrity endorser</i> dan efektivitas iklan melalui media televisi pada minat beli (survei pada konsumen situs belanja </i> online</i> Shopee). Journals of Economics and Business, 1 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2962-6498
Jurnal_Agung_Universitas Teknokrat Indonesia_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (311kB) | Preview
Abstract
</i>Celebrity endorser</i> dan efektivitas iklan merupakan salah bentuk strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan baik secara offline</i> atau <i>online</i> untuk menarik perhatian minat konumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel dari 280 responden yang pernah menggunakan Shopee dan memahami peran <i>celebrity endorser</i>. SPSS 16.0 digunakan dalam teknik analisis data dengan menggunakan uji regresi linier beganda dan uji t, untuk melihat pengaruh <i>celebrity endorser</i> pada dimensi (<i>attractiveness, expertise, and trustworthiness</i>) dan efektivas iklan dimensi (<i>empathy, persuasion, impact, communication</i>) pada minat beli. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa dukungan <i>celebrity endorser</i> pada dimensi (<i>attractiveness, expertise, and trustworthiness</i>) mempengaruhi minat beli konsumen jika <i>celebrity</i> yang digunakan sesuai dengan produk yang diiklankan dan evektivitas iklan pada dimensi (<i>empathy, persuasion, impact, communication</i>) mempunyai pengaruh terhadap minat beli, dimana semakin tinggi evektivitas iklan di televisi semakin tinggi pula minat beli konsumen. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain selain <i>celebrity endorser</i> dan efektivitas iklan pada minat beli.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | </i>Celebrity endorser</i>; efektivitas iklan; minat beli |
Subjects: | Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 04:30 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 01:07 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/12895 |