SAR (Synthetic Aperture Radar) pada pengamatan antariksa

Mario, Batubara (2010) SAR (Synthetic Aperture Radar) pada pengamatan antariksa. In: Teknologi pengamatan dan informasi kedirgantaraan. Massma Sikumbang, Jakarta, pp. 28-33.

[thumbnail of Bunga rampai_Mario Batubara_Hal.28-33_2010.pdf]
Preview
Text
Bunga rampai_Mario Batubara_Hal.28-33_2010.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

SAR (Synthetic Aperture Radar) merupakan salah satu jenis peralatan radar yang digunakan saat ini. Radar ini berfungsi mendefinisikan karakteristik target yang bergerak relative antara system SAR dan area targetnya. SAR ini biasanya diimplementasikan secara menumpangi pada benda yang bergerak seperti pesawat terbang, pesawat ruang angkasa. Prinsip kerja daripada SAR adalah dengan memancarkan a single beam-forming signal dari antenna secara berulangkali berupa pulsa-pulsa gelombang electromagnet dengan panjang gelombang (skala meter sampai millimeter) kemana saja. Kemudian beberapa sinyal gelombang echo diterima pada antenna yang berbeda posisi secara koheren dan disimpan untuk kemudian diproses lebih lanjut untuk menghasilkan elemen-elemen dalam satu image area target. Dalam penyajian makalah ini akan dibahas mengenai prinsip kerja SAR dan aplikasinya dalam pengamatan antariksa serta gambaran umum mengenai pemrosesan sinyal pada SAR.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: SAR, remote sensing, signal processing
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Pengelolaan Fasilitas Litbangyasa dan Pemanfaatan > Bidang Sains Antariksa
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 08 Nov 2022 05:06
Last Modified: 08 Nov 2022 05:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12841

Actions (login required)

View Item
View Item