Putri Ayu Arifin Pola and Rendy Wijaya and Yumanraya Noho (2021) Perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja di rumah makan pada saat pandemi Covid-19 di Kota Gorontalo. Jurnal Darmawisata, 1 (1): 2. pp. 6-10. ISSN 2798-8201
Jurnal_Putri Ayu_Universitas Gorontalo_2021.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Kondisi indonesia sekarang ini sedang tidak stabil dikala pemerintah sedang berupaya untuk mengoptimalkan perekonomian di indonesia dengan adanya pandemi Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja selama masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif. Metode penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 92 orang. Jenis data dalam penelitian ini yakni primer. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran angket melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja di rumah makan pada saat pandemi Covid-19 di Kota Gorontalo khususnya di Rumah Makan Roemah Marly, dimana perubahan tersebut pada intensitas konsumen untuk melakukan pembelian lebih dominan dilakukan secara online. Pada tahun 2020 sebagian besar konsumen melakukan pembelian secara online secara intens, namun untuk tahun 2021 pembelian secara online mulai berkurang dan mulai bisa untuk makan ditempat. Pembelian secara online memberikan dampak positif dan juga negatif konsumen, sehingga pemilihan dan preferensi konsumen akan pembelian online cukup beragam dan kontinuitas pemesana konsumen pada Roemah Marly juga bergantung pada bagaimana promo dari jasa penyedia kurir layanan antar makanan pemesanan secara online.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | behavior; consumer; pandemic; purchase |
Subjects: | Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 03:26 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 03:26 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/12587 |