Kajian terhadap faktor yang berpengaruh dalam meminimalisir akibat fenomena hydroplaning pada kendaraan berkecepatan tinggi

Priatno, Dany Hendrik (2015) Kajian terhadap faktor yang berpengaruh dalam meminimalisir akibat fenomena hydroplaning pada kendaraan berkecepatan tinggi. pp. 80-84.

[thumbnail of 11-Kajian_Hidroplaning_-_Dany_HP.pdf]
Preview
Text
11-Kajian_Hidroplaning_-_Dany_HP.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya adalah hilangnya kontrol pengemudi terhadap kemudi karena kondisi jalan tergenang air, beberapa kemungkinan penyebab hilangnya kontrol pengemudi terhadap kendaraannya antara lain kondisi ban tidak standar, tekanan angin ban, kondisi jalan, kondisi pengereman kendaraan, kondisi muatan kendaraan, dan efek hydroplaning antara permukaan ban dan permukaan air diatas jalan. Makalah ini difokuskan pada kajian efek hydroplaning yang terjadi antara permukaan ban dengan permukaan jalan basah, dengan asumsi kondisi jalan sesuai standar. Hydroplaning adalah kondisi dimana air didepan ban berkumpul dan tidak dapat dialirkan maupun diteruskan meskipun roda berputar dan sudah mendapat tekanan dari berat kendaraan. Air tersebut akhirnya membentuk lapisan film sehingga adanya ruang yang diisi oleh air antara ban dan permukaan jalan, sehingga ban tidak lagi mengalami kontak dengan permukaan jalan (melayang pada permukaan air). Fenomena ini muncul disaat kendaraan melaju dan melewati jalan yang basah atau tergenang air yang memiliki efek pada kontrol kemudi kendaraan, salah satu upaya untuk mengurangi pengaruh ini perlu di kaji untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang berperan dalam menimbulkan fenomena hydroplaning, sehingga dapat menjadi bahan dalam mereduksi dan mencegah terjadinya kecelakaan akibat hydroplaning. Beberapa faktor yang berperan menimbulkan hydroplaning pada kendaraan antara lain penggunaan dan kondisi pola grip pada ban kendaraan, kecepatan kendaraan, sistem pengereman kendaraan, dan muatan kendaraan.

Item Type: Article
Additional Information: DDC'23: 629.28
Uncontrolled Keywords: Hydroplaning, tire
Subjects: Transportation > Road Transportation
Depositing User: - Lisda -
Date Deposited: 24 Oct 2022 13:47
Last Modified: 24 Oct 2022 13:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12356

Actions (login required)

View Item
View Item