Regulasi pengembangan teknologi roket negara-negara dan implementasinya di Indonesia

Nur Almatin (2018) Regulasi pengembangan teknologi roket negara-negara dan implementasinya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional 2017 Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa LAPAN. pp. 110-124. ISSN 977-2654-7000-01

[thumbnail of Prosiding_Nur_KKPA_2018.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Nur_KKPA_2018.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Pengembangan tekonologi, khususnya di bidang teknologi roket, saat ini sedang gencar dilakukan oleh berbagai negara di dunia. Tulisan ini melihat sejauh mana regulasi pengembangan teknologi roket yang diatur oleh Amerika Serikat dan Rusia sebagai contoh negara maju dalam keantariksaan serta Korea Selatan sebagai contoh negara Asia yang berkembang menjadi negara spacefaring. Penulisan dilakukan dengan metode yuridis normatif yang membahas pelaksanaan hukum nasional negara-negara dimaksud. Kemudian lebih lanjut akan dikaji praktiknya di Indonesia sesuai dengan beberapa ketentuan nasional yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa baik ketentuan nasional maupun praktik Amerika Serikat, Rusia dan Korea Selatan mengarahkan ke pengembangan teknologi RLVs dan roket kelas berat.
Sementara, berdasarkan ketentuan nasional Indonesia, pengembangan roket masih mengarah ke roket sonda dan roket pengorbit satelit mikro ke orbit bumi rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: regulasi, pengembangan, teknologi roket
Subjects: Taksonomi LAPAN > Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa > Kajian > Hukum Penerbangan dan Antariksa
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:57
Last Modified: 25 Oct 2022 06:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12349

Actions (login required)

View Item
View Item